|

Ketika Tentara Hungaria Tersesat di Alpen

Sekelompok tentara Hungaria tersesat di pegunungan Alpen karena badai salju turun. Saat mereka sudah berputus asa dan menyerahkan nasib pada takdir, salah seorang tentara tanpa sengaja merogoh sakunya dan menemukan sebuah peta yang terlipat di dalam. Berbekal peta tersebut, mereka mencari arah pulang. Sebuah perjuangan yang tidak sia-sia karena mereka berhasil menemukan pos mereka pada hari yang ketiga. Mereka selamat berkat peta tersebut.

Namun sungguh mengejutkan. Setiba di pos, mereka baru menyadari peta yang mereka pakai bukanlah peta pegunungan Alpen, tetapi untuk pegunungan Pyrenees!

Sering kali kita terperangkap dalam analysis paralysis. Kita lumpuh karena terlalu lama melakukan analisis dan gagal bertindak. Kita menunggu sampai semua informasi sudah di tangan, atau keadaan sudah tepat. Analisis kita jadikan alasan untuk tidak bertindak. Padahal, seperti kisah nyata di atas, sebuah tindakan walau dengan peta yang salah, ternyata mampu memberikan hasil yang diharapkan. Peta yang salah tetap bisa dijadikan pedoman kasar, dan strategi kita bisa disesuaikan sambil jalan. Bila ada yang tidak cocok atau kurang, kita bisa belajar sambil jalan. Menunggu datangnya strategi atau perencanaan yang seratus persen bakal sukses sama seperti menunggu Godot, penantian yang sia-sia.

Bila Anda sudah punya rencana: Bertindaklah sekarang, jangan menunda!

Leave a Reply

Recently Commented

  • cholid: Pak saya sudah menunggu sejak lama akhirnya terbit juga saya sudah pre-order dari buku pertama selesai di...
  • irpan Salehuddin: Banyak inovasi-inovasi canggih di Indonesia yang berhenti ditengah jalan terbentur masalah...
  • rudiath7: Wah keren banget artikelnya.. sangat2 inspiratif. Makasih saya jadi nambah ilmu. Sepertinya jadi tahu...
  • devi: Sy nggak sabar untuk baca buku selanjutnya :D
  • admin: @viavi: u/ jadwalnya semuanya tergantung dari pihak penerbit. kita doakan saja semoga bisa cepat :) sementara...