|

Laman Resmi Buku ‘Ketika Archimedes Berteriak Eureka!’

Ketika Archimedes Berteriak Eureka!

Ketika Archimedes Berteriak Eureka!

 

TELAH TERBIT: Ketika Archimedes Berteriak Eureka!

Sinopsis buku bisa dibaca dengan klik di link ini.

Cuplikan buku bisa dibaca dengan klik di link ini.

Buku ini akan membahas tentang proses kreatif dengan mempelajari rahasia para genius kreatif seperti Archimedes, Einstein, Darwin, Picasso, Bach, Jane Austen, Alexander Graham Bell, Wright bersaudara, Alexander Fleming, Charles Goodyear, dan lainnya.

Topik-topik utama buku ini, antara lain:

  • Bagaimana kreativitas ditinjau melalui empat sudut pandang yang disingkat 4P: product, person, place (konteks), dan process?
  • Apa hubungan antara kreativitas dengan proses alam bawah sadar, tidur, otak kiri/kanan, perbedaan jenis kelamin pria/wanita, gangguan kejiwaan, dan pemakaian obat-obatan seperti LSD/mariyuana?
  • Seberapa jauh peranan keberuntungan dan/atau kebetulan dalam proses kreatif?
  • Bagaimana kreativitas dipengaruhi proses kognitif yang terdiri dari atensi, persepsi, imajinasi?
  • Apa peranan pengetahuan domain atau kecerdasan khusus terhadap kreativitas? Kapan pengetahuan dan pendidikan membantu kreativitas, dan kapan pengetahuan/pendidikan menghalangi kreativitas?
  • Apa hubungan antara kreativitas dan inovasi?

Kasus-kasus yang akan dikupas dalam buku ini antara lain penemuan gua di Altamira, penisilin oleh Alexander Fleming, pesawat terbang oleh Wright bersaudara, teori evolusi Darwin, pengaruh Restorasi Meiji terhadap kreativitas bangsa Jepang, kreativitas bangsa Yahudi, dan lainnya. Buku ini akan ditutup dengan studi kasus yang membahas proses kreatif yang terjadi selama perlombaan untuk menemukan struktur DNA oleh Watson, Crick, Wilkins, Franklin, dan Pauling.

Bila buku Ketika Mozart Kecil Memainkan Jemarinya berfokus pada pencapaian kegeniusan, maka buku ini akan membantu Anda menjadi genius kreatif dan inovator.

Kreativitas Anda dijamin akan meningkat beberapa kali lipat dengan mempraktekkan prinsip-prinsip yang dibahas di dalam buku ini.

Untuk mengetahui perkembangan buku ini dan mendapatkan informasi tentang cuplikan atau artikel pendukung buku Ketika Archimedes Berteriak Eureka!, silakan “Like” halaman FB pengarang di http://www.facebook.com/itpinarifin/.

 

 

3 Comments for “Laman Resmi Buku ‘Ketika Archimedes Berteriak Eureka!’”

  1. Hi It Pin..
    I’m looking of my life mission this all time (read on http://www.ratihfilsafat.blogdetik.com). And I think.. I’am almost completing my journey, after reading your book.
    Finally I’ve a found a friend with the very same thought with me.. Andai Pak It Pin Arifin dulu mengajarkan metode pemahaman spt ini ke ortu saya ya, hehehehe..
    Nice to know you

  2. Oya, saya pre-order juga for your second book ya..
    Bravo!

  3. @Ratih: Nice to know you too…

    Hadiah terbesar seorang penulis diperoleh saat ada pembaca yg mengaku mendapatkan inspirasi dari buku tsb. Thanks u/ hadiah tsb :)

    Pemahaman ortu Anda di masa lalu memang tidak mungkin diubah lagi. Namun, saya yakin anak2 Anda akan bersyukur memiliki ibu seperti Anda. Semoga suatu saat nanti, mereka bisa menjadi insan2 genius yang bahagia… :)

    PS. Sudah baca sekilas blog Anda. Pengetahuan Anda benar2 luas dan mendalam.

Leave a Reply

Recently Commented

  • cholid: Pak saya sudah menunggu sejak lama akhirnya terbit juga saya sudah pre-order dari buku pertama selesai di...
  • irpan Salehuddin: Banyak inovasi-inovasi canggih di Indonesia yang berhenti ditengah jalan terbentur masalah...
  • rudiath7: Wah keren banget artikelnya.. sangat2 inspiratif. Makasih saya jadi nambah ilmu. Sepertinya jadi tahu...
  • devi: Sy nggak sabar untuk baca buku selanjutnya :D
  • admin: @viavi: u/ jadwalnya semuanya tergantung dari pihak penerbit. kita doakan saja semoga bisa cepat :) sementara...